Rabu, 27 Februari 2013

Prunus serotina



Ceri
Prunus serotina
Buah ceri termasuk suku mawar-mawaran, seperti apricot, persik, dan plum. Kulit buahnya tipis, warnanya beragam tergantung spesies; kuning, merah kehitaman, atau ungu kemerahan. Buahnya berbentuk bulat sebesar kelereng atau sedikit lebih besar, rasanya asam dan manis tergantung varietasnya. Ceri berbiji tunggal.

Khasiat buah ceri:
1.   Buah ceri berkhasiat antiradang, antioksidan, penawar racun (detoxifying), antikanker, peluruh kencing (diuretik), memperlambat proses penuaan (rejuvenating), mencegah penggumpalan trombosit (agregasi trmbosit), membantu mencegah terbentuknya bekuan darah (trombus) di pembuluh darah arteri, menurunkan kadar asam urat darah, penenang (sedatif), meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah infeksi.
2. Kandungan antosianin dan proanthocyyanidins mengurangi pengerasan (arteriosclerosis) dan penyumbatan (atherosklerosis) pembuluh darah.
3.  Ceri digunakan untuk pengobatan nyeri rematik termasuk nyeri pada rematik gout dan sakit pinggang.
4.  Ceri bermanfaat juga mengatasi sulit tidur, batuk kering, bronchitis, gatal-gatal di tangan dan di kaki karena kedinginan, mengurangi risiko penyakit jantung dan stoke, mengurangi terjadinya batu saluran kencing akibat tingginya urat, menghilangkan kerut di wajah dan mencegah kanker.
5.      Biji ceri digunakan untuk mengeluarkan bercak kemerahan (erupsi) pada penyakit campak.
6.  Daun bermanfaat untuk mengatasi rasa penuh di lambung karena makanan tidak tercerna, diare, muntah darah, gigitan serangga, dan keputihan akibat Trichomonas.

Sumber: “Khasiat Buah dan Sayur” oleh dr. Setiawan Dalimartha dan dr. Felix Adrian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belimbing Wuluh Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template