Selasa, 29 Januari 2013

Dewandaru

Dewandaru (Eugenia uniflora)

Klasifikasi ilmiah
Klasifikasi Eugenia uniflora Lam. dalam sistematika tumbuhan adalah sebagai berikut :
Divisi       : Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas        : Dicotyledoneae
Bangsa     : Myrtales
Suku        : Myrtaceae
Marga      : Eugenia
Jenis         : Eugenia uniflora L.(Hutapea, 1994)

Morfologi tanaman 

 Pohon Dewandaru

Akar
Tumbuhan ini memiliki bentuk akar yang panjang sehigga sistem perakarannya disebut sistem akar dalam, terdapat bulu-bulu akar.

Batang
Memiliki batang yang langsing/ramping, yang kadang-kadang tumbuh cabang-cabang yang bengkok. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 7 m. Batang dari tanaman ini banyak mengandung zat lignin (kayu). Batangnya kelihatan kering.

Daun
Daunnya memiliki aroma yang khas. Daunnya halus, lonjong dengan ujung runcing dan pangkal meruncing, mengkilap. Tepi daun rata, pertulangan menyirip yang  panjangnya ± 6cm, dan lebarnya sekitar 1,5-3 cm. Daun berwarna merah tua waktu tumbuhan masih muda, dan berubah menjadi warna hijau tua dan mengkilap saat tumbuhan dewasa, kemudian berubah menjadi warna merah lagi pada suhu yang sangat dingin pada saat musim dingin. Susunan daunnya saling menyilang. 


Pohon Dewandaru: terlihat batang pohon yang bercabang-cabang serta daunnya yang lonjong dengan ujung yang meruncing.


Bunga
Tanaman ini memiliki bunga berbetuk tunggal berkelamin dua dengan daun pelindung yang kecil berwarna hijau. Kelopak bunga bertaju tiga sampai lima, benangsari yang dimiliki banyak dengan warna putih. Putik berbentuk slindris, mahkota bunga berbentuk kuku dan berwarna kuning. Memiliki tangkai bunga yang panjang, bunganya memberikan bau wangi.


Tanaman Dewandaru yang berbunga

Buah 
Buahnya bergantung(seperti buah berry), bentuknya bulat elips, lebarnya sekitar 1-4 cm, warnanya berubah dari warna hijau menjadi warna orange pada proses pertumbuhannya, ketika sudah matang warnanya merah muda sampai merah tua, dan ketika sudah benar-benar matang warnanya menjadi ungu kehitaman, kulitnya tipis, daging buahnya berwarna merah kejinggaan dan mengandung banyak air, rasanya ada yang asam dan manis.


Buah Dewandaru

Biji
Didalam buahnya terdapat 1 biji besar atau 2-3 biji kecil yang masing-masing tersebar merata di dalam buah, biji-biji tersebut menempel pada daging buah yang dibantu oleh serat-serat tipis (Hutapea, 1994).


Referensi:

1 komentar:

 

Belimbing Wuluh Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template